Thursday, May 19, 2016

Karena Makeup Juga Harus Steril


Sebelum ngomongin makeup, bolehlah lah saya ngomongin tentang bayi ya. Tenang, blog ini tidak akan melenceng dari pakemnya kok, ngomongin makeup. Pasti ada informasi yang akan saya share di blog ini.

Udah beberapa bulan terakhir ini kepikiran banget pingin punya bayi lagi. Alamakjaaaann… anak udah 4 terus mau nambah lagi? Ho oohh.. pengen nambah lagi.

Karena saya suka hamil.
Karena saya suka ngelahirin.
Karena saya suka menyusui.
Karena saya suka anak kecil.
Karena saya suka bau keringet anak kecil yang kayak bau sawo.
Banyaklah karena-karena lainnya..

Tapi tim dokter kesehatan keluarga The Kairupan *bah.. macam keluarga kepresidenan ajah!* udah ketok palu bilang disarankan keras Madam Yonna sebaiknya tidak hamil lagi. Karena punya riwayat pre eclampsia di 2x kehamilan terakhir. Karena pengalaman terakhir, tensi di ruang operasi mencapai 170/100. Kemungkinan saat itu dr. Subuh, sang dokter anestesi udah ngilu-ngilu pingin pipis takut pasiennya koma.. bhahahaakk.. Am still here, doc. Alhamdulillah. 4 Anaknya sekarang udah bujang gadis. Terbentang dari usia 14 tahun sampai 9 tahun. Barakallah.

Ya sudahlah ya nurut.
Suami juga bilang cukup 4 saja. Beliau tidak mau kehilangan saya.
Dimana lagilah cari istri bisa nyanyi dan makeup zombie cobaaakkk… *zombie wink*

Tapi hati ini ngilu-ngilu tiap kali liat perlengkapan bayi.. liat bayi orang.. liat stroller mondar-mandir. Eh itu strollernya maksudnya ada bayinya ya.. dan ada yang dorong. Jadi bukan stroller kosong tiba-tiba mondar-mandir. Kalau itu horor kan namanya.

Yang jahatnya apa yang dilakukan Rangga ke Cinta.. eh.. yang dilakukan semesta ke saya adalah… ketika lagi anteng ngikutin kelas Fun Blogging tanggal 14 Mei kemaren ini, saat itu juga ada presentasi produk dari Blibli.com (lokasi workshop Fun Blogging saat itu di kantor Blibli.com). Saya sik masih santai ngetak-ngetik laptop. Tapi ketika saya dengar bahwa yang dipresentasiin adalah salah satu alat yang super berguna kalau kita punya anak balita, saya langsung mencelat and I was like… “aaawwww so cuuuuuteeeee…."

Mau tau nggak yang dipresentasiin apa?
Yang diomongin dan sangat menarik perhatian saya itu adalah uPang Waterless UV Sterilizer. Ho ooohhh.... alat untuk mensteril perlengkapan bayi, supaya bayi kita terbebas dari penyakit yang berasal dari bakteri, jamur dan teman-teman lainnya. Lalu apakah hubungannya dengan makeup?

Tenang..
Pelan-pelan. Pasti ada hubungannya dan teman-teman yang pengoleksi makeup atau yang berprofesi Makeup Artist pasti akan senang mendapatkan informasi yahud dari saya. You can thank me later, darling.. 😃

Begini..
Dari namanya, uPang Waterless UV Sterilizer ini udah jelas fungsinya dan deskripsinya. Pinter deh yang ngasih nama.
Merknya uPang. Baca: yupang.
Dia adalah alat pengsteril.
Mensterilnya menggunakan sinar UV.
Dan waterless! A.k.a nggak menggunakan air.


Masih inget deh waktu anak-anak masih pada bayi-bayi. Kerjaannya sterilin botol susu melulu. Apalagi waktu si Kembar dan Najmah masih pada bayik. Kan hampir bisa dibilang kembar 3 tuh kan yaaa... bolak balik sterilin botol melulu. Sterilinnya pake alat yang menggunakan uap air. Waktu itu beli alat steril yg ukurannya besar, karena botol susu 3 balita yang harus disterilin jumlahnya segambreng-gambreng.


Udah segitunya, waktu umur 1 tahunan, Marvell terkena penyakit Disentri Basiler yang disebabkan oleh bakteri. Seharian udh puluhan kali BAB. Tiap kali BAB, pasti ngejerit nangis karena perutnya sakit banget. Dan fesesnya pun berlendir. Prof. Sofyan (dokter anaknya krucil) bilang itu pasti dari bakteri yang ada di lingkungannya. Bisa dari mainan, bisa dari barang-barang lain yang dia sentuh lalu tangannya masuk ke mulut.

Nah..
uPang ini ternyata mempunyai kemampuan membunuh kuman dan bakteri sampai 99,9%! Sebuah kemampuan yang nggak main-main. Ini adalah produk yang sudah disertifikasi oleh Foods and Drugs Administration  (FDA) dari Amerika Serikat dan 6 badan kesehatan lainnya.

Terus apa hubungannya dengan Makeup, Madaaamm?
Ntar duluuu... tenaaang.. entar juga sampek kesana. Saya ceritain dulu gimana cara kerjanya.. baru deh bisa dilihat hubungannya dengan makeup.

Cerita flashback lagi boleh dong yaaa.. sambil saya kasih foto krucil waktu masih kucil-kucil deehh..




Dulu tuh...
Nggak cuman sekali dua kali mainan atau dot utk minum susu, rusak karena pensterilan. Teether atau gigit-gigitan buat bayi yang giginya mau numbuh, bisa berapa kali beli karena rusak ketika dicelupin ke air panas sama baby-sitternya krucil. Dot juga berapa kali meletot bentuknya karena proses sterilisasi. Terlalu panas ternyata. Dan kebayang nggak kalau peralatan bayi yang terbuat dari plastik, lalu disteril menggunakan air panas atau uap yang suhunya lebih tinggi daripada seharusnya, bisa 'melelehkan' bahan-bahan kimia yang terkandung di dalamnya? Terbayangkah bahan-bahan kimia itu larut dalam makanan dan minuman untuk anak-anak kita, lalu diserap oleh tubuhnya? Komplikasi kesehatannya mungkin nggak langsung keliatan sekarang, tapi bisa beberapa tahun ke depan, sodara-sodarah... Kanker, asma, obesitas, gangguan fungsi tiroid dan segabruk penyakit lainnya.

Dengan uPang, in syaa Allah tidak akan kejadian tuh proses steril yang terlalu panas plus jadinya merusak barang plus masih ada kuman dan bakteri tersisa plus bisa menyebabkan masalah kesehatan. Karena selain bisa 99,9% membunuh kuman dan bakteri, uPang hanya mengontrol proses pengeringan di 40 derajat Celcius agar aman bagi bahan plastik dan tidak ada resiko bahan kimia terurai seperti sistem rebus air atau uap panas. Daya listrik yang kepake juga cuman 35 watt aja. Jadi kalau biasanya sterilin botol susu itu 3x seharinya, berarti sebulan cuman ngeluarin biaya listrik Rp10,000,-

Karena waterless alias tidak memerlukan air dalam proses sterilisasinya, we can sterilize everything. Yes. EVERYTHING! Apapun yang tidak bernyawa pastinya yaaa.. Apapun yang bersentuhan dengan anak.. dan muat masuk uPang tentunya yak. Pastinya sofa nggak bisa disteril di dalam uPang laah... way too big!


Perlengkapan makan anak.
Pacifier atau empeng.
Botol susu.
Segala macam mainan.
Handphone.

Yup. Handphone. Walaupun mereka baru dinyatakan penghuni baru di dunia, entah mengapa mereka kok ya tertarik banget sama handphone orang tuanya ya. Dipegang-pegang. Dipelototin. Dicium-cium. Terus dimasukin mulut.

Jadilah itu handphone yang pernah terpapar keringet dan minyak muka kita ketika nelpon, dijilat-jilat oleh anak sendiri. Belum lagi ketika kita ke toilet, pipis, abis itu ngeflush toiletnya, abis itu cuci tangan sik pake sabun. Tapi abis itu buka pintu kamar mandi yang gagangnya pasti banyak kuman. Abis itu kita megang handphone deh.

Atau..
Kita lagi nyetir. Anak kita di car-seat. Terus kita bayar tol. Artinya kita udh megang uang yang secara penelitian sudah terbukti mengandung jutaan kuman. Terus abis itu kita megang handphone. Terus pas turun mobil, kita gendong anak kita.. terus anak kita minta handphone untuk dimainin. Terus kuman yang berasal dari uang yang udah pindah ke handphone kita, sukses berpindah ke anak kita.

Nah iya.. emang seribet itu kalau punya anak. Tapi kan manusia pintar yaaakk.. Bisa bikin ini itu yang bisa bikin hidup yang kita jalani jadi lebih simple. Ya contohnya uPang ini.

Saya orangnya tuh higienis banget untuk masalah makeup. Ditambah kebetulan saya Makeup Artist juga. Jadi selain mikirin kebersihan makeup untuk diri sendiri, saya juga harus mikirin kebersihan makeup untuk klien-klien saya. Dan harga makeup itu bervariasi kan ya. Ada yang murah. Ada yang mahal. Berapapun harganya, nggak akan ada artinya kalau pada akhirnya akan memberikan penyakit kepada para pemakainya.

Saya itu udah terbiasa kalau abis makeupin klien, baik itu makeup Beauty maupun Special Effect, produk apapun yang dipakai, pasti di-disinfect supaya 'steril' lagi. Siapa tau klien yang abis dimakeupin mungkin sedang flu, atau kulitnya berjerawat yang sedang meradang, jadi mencegah menempelnya kuman dan nanti bisa berpindah ke klien selanjutnya, jadinya ya harus di-disinfect. Rada rempong sik emang. Tapi ya harus dilakukan.

Nah..
Saat melihat presentasi uPang inilah mata saya berbinar-binar. Terlintas di benak saya, betapa enaknya kalau peralatan makeup yang habis digunakan, bisa disterilin di dalam uPang. Nggak ribet. Nggak harus nunggu kering.

Saya pun mengangkat tangan saya dan bertanya: "Bu, apakah uPang bisa dipakai untuk mensterilkan kosmetik?"

Dengan cantiknya dijawab "Bisa, dan tidak merusak kandungan dan bentuk makeup awal.."

Tapi kan saya begitu orangnya. Nggak puas kalau belum membuktikan sendiri. Akhirnya saya ambil salah satu lipstik dari tas saya. Lalu saya coba sterilkan di dalam uPang. Caranya gampang banget.


Buka tutupnya.
Tarok lipstik di atas traynya 
Tutup lagi.
Lalu pencet tombol 'sterilize' yang di tengah.
Lalu proses sterilisasi berlangsung deh selama 10 menit.



Begitu selesai, bener banget. Bentuk lipstik nggak berubah. Nggak meleleh. Nggak timbul 'keringet' di lipstiknya yang menandakan lipstiknya kepanasan. Aman, sodara-sodara..

Aah.. nggak rugi pastinya kalau beli uPang ini.
Kalau memang nggak punya bayinya, bisalah beli peralatannya aja.. hahahhaa.. yang penting kegunaannya bukan hanya terfokus di anak aja. Tapi bisa merambat ke urusan pekerjaan.

Barangnya juga tahan lama. Hampir tidak ada keluhan kerusakan dari customer menurut info dari bu Catrin, distributor uPang. Lampu UVnya sendiri bisa bertahan 3-5tahun. Kalau memang harus diganti, harganya hanya berkisar Rp150,000. Nggak perlu perawatan khusus juga. Palingan hanya dilap aja kalau berdebu. Sama dikasih perhatian dan kasih sayang.. 😛

Kalau kalian sama rempongnya seperti sayah, mending kita cari praktisnya aja kalau mau beli ini. Tinggal order online di Blibli.com, terus bayar, terus barang dikirim grateeyyss. Saya mah udh pengalaman order di Blibli.com. Kalo ada gagap-gagap sedikit saat ngordernya, customer carenya standby gitu 24 jam untuk ngeladenin kita. Helpful banget! Kemaren sempet ngintip waktu mau ngorder mainannya krucil, wuiihh.. perlengkapan bayinya tuh lengkap banget di Blibli.com. Kenapa belum ada sik waktu tahun 2003 kemaren yaaa.. jadi saya nggak perlu repot-repot ke mall atau ITC.



uPang yang serba guna ini, is gonna be mine! Karena diperlukan banget oleh koleksi makeup saya.. Amin. 

26 comments:

  1. Hebat deh uPang, mudah dan praktis pula penggunaannya. Bisa sterilin kaset atau compact disc gak ya?

    ReplyDelete
  2. Wah, keren ya mbak lipstick nggak meleleh sama sekali, boleh juga nih uPang aku referensikan ke adik ku yg anaknya masih kecil2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. aku aja gemes kenapa produk ini nggak ada 14 thn yg lalu..hehehe

      Delete
  3. Replies
    1. Iya mbak.. ngordernya bisa sambil gegoleran di kasurr :P

      Delete
  4. Baru liat lipstick bisa disteril.in,, biasanya alat make up yg dibersihin kan sebatas aplikator..

    Semua MUA harus punya alat ini deh, eh semua yg suka dendong juga sih.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. makeup aman dipake jadinya

      Delete
  5. Wah, saya baru tau tentang upang ini, Mba Yonna. Memilikinya pasti akan sangat membantu sterilisasi barang2 penting yg kita punya yaaa. Etapi, pengen cari upang yang bisa muat sofa ah, ada gak? Hahahaha..... *ngakak saya baca tulisanmu bagian ituh.

    Hihi, seru deh baca tulisan mba Yonna, sukses yaaa, ntar kalo udah beli, saya pengen lihat dulu, sekalian nyoba, baru kemudian beli untuk sendiri. Hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok mbaaakk.... tx for stopping by :)

      Delete
  6. Huwaaaa, tertarik banget dengan alat ini. Baru tau juga saya ada pensteril yang waterless. Tfs mba Yonna :)

    ReplyDelete
  7. Kayanya aku masih dalam kerempongan sterilisasi peralatan mpasi dan botol asip deh mba. Hahaha. Upang, namanya lucuuuuu :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ngebayangin rempongnya mbak.. hidup jd lebih mudah dengan uPang pastinya..

      Delete
  8. Uyeaaahh..toss dulu sama Madam Yonna untuk urusan pengen punya anak lagi. Aku dong baru duaa, dan masih bisa nambah. Insya Allah, Amin.
    Sekarang anakku juga masih balita dua2nya. And yes, I need uPang too. Cuss ah ke Blibli, mau liat2. Tfs ya Madaaam..kiss kiss.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaahh nanti kalau ketemu balitanya Madam uwel-uwel aaahh... happy browsing di blibi.com mbaakk

      Delete
  9. Bunnnn... Aku terdistraksi dengan foto Anak-anakmu yang uwuwuwuwuw..... :3

    Abis Itu pas baca berikutnya, hah? Kok upang namanya? I was like read it just like UJANG!! :)))
    Jadi mgkn Kalo punya si uPang ini Aku akan beri Nama ujang *Elnie gagal fokeus
    Tapi fungsinya bagus dan byk banget ya. Harganya brpaan ya bun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. (((UJAAANGGG)))
      Harganya 2 jutaan el.. worthed banget utk kegunaannya sepanjang masa..

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. *langsung keselek* ok, baeklaaahhh :))))

      Delete
  10. uPang, gw kiraain pake alkoho lagi bun bersiinnya,
    ini sih jelas praktisnya bun, gw maren bebersih pake cara kuno.
    hahahaa

    buleipotan.com

    ReplyDelete
  11. Kenapa aku malah fokeeeus ke foto2 anak2 masih bayi ya hehehe lucu ya namanya upang, ah asik juga nih ya kalau bisa sterilin segala macem termasuk make up. Aku jadi bisa coba deh meskipun ga ada botol susu bayi hehehe

    andiani.net

    ReplyDelete
  12. Waaahhhh.. udah praktis ya bun.. nanti klo punya anak udah ngerti harus gimana 😊😊😊

    ReplyDelete
  13. Wah makasih bgt bun,buat recomend alatnya...ini berguna bgt!!!

    ReplyDelete
  14. Waah baru tau alat ini. Ntar ah kalau punya baby lagi mau beli. Mbak Yonna itu Si kembar udah berapa tahun umurnya sekarang?

    ReplyDelete
  15. waaah keren ya mba...sayangnya tukang rias di tempatku rata-rata kok ga jaga kebersihan beauty casenya ya...(eh bener ga sech namanya heheh)

    ReplyDelete
  16. dunno why, kok aku bacanya juga ujang ya ahahahaaa tapi asli bikin mupeng kalau liat fungsinya, tapi sayang budgetnya ga kekejar euy hahahaa mending beli lipen baru ajah lah ya wkwkwk tp kalau di kaish mah ga nolak XD

    ReplyDelete